TIMES MAKASSAR, MAKASSAR – PT Hadji Kalla melalui salah satu anak usahanya Kalla Property yang menaungi Mall Ratu Indah (MaRI) sebagai salah satu pusat perbelanjaan di Kota Makassar akan melakukan ekspansi area mall berkonsep ramah lingkungan atau green building.
Sales & Marketing General Manager Kalla Property Rasmila Sari Suaib mengungkapkan bahwa pihaknya sangat konsen terhadap keberlangsungan hidup ke depan melalui langkah-langkah keberlanjutan, salah satunya dengan rencana perluasan MaRI.
"Kita akan ada pendampingan dari green ship dengan penunjukan konsultan tahap awal dan akhir gedung tidak hanya keren tetapi menerapkan energy safeting, itu salah satunya," kata Mila, sapaan Rasmila, di Makassar, Kamis (20/1/2025)
Secara gamblang, Mila mengemukakan bahwa groundbreaking untuk perluasan MaRI akan dimulai pada 2026 dan ditarget rampung pada 2028. Area ini disebut MaRI Ekstention.
Kalla Property mempersiapkan pengembangan MaRI Extension sebagai sebuah proyek ekspansi yang dirancang untuk membawa MaRI ke level yang lebih tinggi.
Kata Mila, MaRI sebagai mall tertua di Kota Makassar bertujuan merawat generasi ke generasi, sehingga program keberlanjutan dengan konsep green building menjadi sebuah keharusan bagi managemen, terlebih Kalla Group juga memiliki visi terkait keberlanjutan.
"Tentu akan banyak ruang-ruang hijau, desain sangat sinergi dengan MaRI eksisting yang dipastikan akan sesuai dengan pengembangan gaya hidup dan pola-pola interaksi sosial yang dihadirkan," urai Mila.
Menyinggung soal limbah terhadap aktivitas pusat perbelanjaan itu pada saat ini maupun mendatang, Mila menyebut pihaknya telah bekerja sama dengan Bank Sulselbar melalui program e-money. Penukaran sampah plastik yang digunakan pengunjung bisa dikonversi menjadi uang dalam bentuk e-money.
MaRI Extension diharapkan menghadirkan ruang belanja modern, fasilitas yang lebih lengkap, dan pengalaman yang selaras dengan dinamika gaya hidup masa kini.
Pengembangan ini menjadi langkah strategis dalam memperkuat MaRI sebagai mal top of mind di Makassar dan kawasan Indonesia Timur, serta memperluas resonansi positif yang telah dibangun selama 25 tahun terakhir.
Saat ini, MaRI telah Memasuki usia 25 tahun dan menghadirkan rangkaian perayaan bertajuk “Resonansi”, sebuah kampanye yang menggambarkan perjalanan panjang MaRI sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia Timur yang terus berinovasi dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung
Selama enam hari penyelenggaraan, berbagai program disiapkan untuk menemani pengunjung dari beragam kalangan seperti kegiatan sosial serta kegiatan olahraga yang melibatkan berbagai komunitas olahraga organik di MaRI.
Momen ini dirancang sebagai ruang kebersamaan yang mencerminkan semangat resonansi, menguatkan satu sama lain dan memberi dampak positif. Selain itu, MaRI juga berkolaborasi dengan Rekan Sampah sebagai green partner untuk mengelola sampah produk selama aktivitas berlangsung.
Upaya ini merupakan langkah MaRI dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan mengurangi jejak sampah agenda. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: KALLA Perluas Bisnis Mal, Fokus pada Konsep Ramah Lingkungan
| Pewarta | : Antara |
| Editor | : Hendarmono Al Sidarto |