Wisata

Kampung Wisata Keramik Dinoyo Berikan Keunikan Bagi Wisatawan

Senin, 24 Agustus 2020 - 21:57
66.30k
Kampung Wisata Keramik Dinoyo Berikan Keunikan Bagi Wisatawan Kampung Keramik Dinoyo. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketika datang ke Kota Malang rasanya kurang lengkap, bila tak mengunjungi Kampung Wisata Keramik Dinoyo. Sebuah seni keramik yang berasal dari Bumi Arema, telah hadir sejak tahun 1930 tepatnya di daerah Dinoyo.

Dinoyo sebagai sentra keramik di Kota Malang, para pengrajinnya sadar akan daya tarik yang dimiliki daerah tersebut. Keramik hias yang dihasilkan oleh pengrajin, menjadi faktor utama untuk pariwisata.

"Pada tahun 2000-an saya dan teman-teman pengrajin sepakat untuk menjadikan sentra keramik tersebut sebagai destinasi pariwisata," tutur Syamsul selaku Ketua POKDARWIS dan Paguyuban Pengrajin Keramik Dinoyo, Senin (24/08/2020).

Keramik-Dinoyo.jpg

Kalian yang berkunjung ke Mt. Haryono gang 9 akan melihat deretan toko keramik di sepanjang jalan. Motif-motif keramik cantik yang akan memikat mata. Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan pun sangat memikat kantong.

"Harga keramik yang dijual, mulai dari 10 ribu hingga 250 ribu. Selain itu, keramik ini memiliki banyak variasi yang dapat berguna untuk kebutuhan rumah tangga ataupun cenderamata wisatawan. Konsumen juga bisa request sesuai permintaan," ujarnya

Keramik yang diproduksi oleh sentra Dinoyo, berasal dari bahan dasar kaloin (porcelain) clay. Alhasil, teknik yang digunakan oleh para pengrajin tersebut adalah cetak-tuang.

"Teknik pembuatan keramik di sini menggunakan cetak-tuang, sehingga waktu produksi efektif dan bisa menghasilkan banyak keramik. Dalam satu hari bisa menghasilkan sekitar 500 keramik," sambungnya

Kalian tidak hanya sekadar bisa membeli keramik hias saja, tetapi terdapat wisata edukasi yang akan dinikmati wisatawan. Sebuah paket wisata seharga 25 ribu/orang, akan menuntun kalian lebih dalam memahami pembuatan keramik hias.

"Wisatawan yang datang ke sentra Keramik Dinoyo, tidak hanya sekadar beli dan langsung pulang. Namun, wisatawan juga dapat melihat suasana dan belajar langsung cara pembuatan keramiknya," jelasnya

Ketika pandemi covid-19 saat ini, kampung wisata Keramik Dinoyo pun tak lupa menjalani protokol kesehatan. Sebab itu, wastafel telah disediakan oleh para pengrajin dan pemilik toko keramik. Tak lupa juga masker harus digunakan untuk kalian yang akan berkunjung ke kampung tersebut.

Kampung Wisata Keramik Dinoyo akan memberikan wisata edukasi kesenian khas Kota Malang dengan pengalaman menarik untuk wisatawan. Yuk langsung saja hubungi 081555929699 (Pak Syamsul) dan beli cenderamata keramik asal Kota Malang. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.