Pendidikan

Mokasi, Mobil Listrik Karya Siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun, Cocok untuk UMKM

Jumat, 18 September 2020 - 21:20
83.38k
Mokasi, Mobil Listrik Karya Siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun, Cocok untuk UMKM Kepala SMK Model PGRI 1 Mejayan Madiun menjelaskan fungsi Mokasi kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUNMokasi atau Mobil Kampung Pesilat, adalah mobil listrik hasil inovasi dan kreativitas peserta didik SMK Model PGRI 1 Mejayan, Kabupaten Madiun. Karya itu, menarik minat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung untuk melihat langsung, Jumat (18/9/2020).

Dalam kunjungannya ke SMK Model PGRI 1 Mejayan, Gubernur Jatim Bersama Bupati Madiun H. Ahmad Dawami meninjau langsung penerapan protokol kesehatan di ruang lingkup pendidikan, dan melihat produksi pembuatan minuman herbal dari rempah yang dilanjutkan ke tempat produksi Mobil Listrik UMKM Mokasi.

mobil listrik b

"Kreasi anak-anak kita di Madiun di tengah pandemi Covid-19 ini luar biasa. Dengan berinovasi membuat Mobil Kampung Pesilat (Mokasi) untuk UMKM, semoga dapat berkembang lebih baik lagi ke depannya," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutanya di Pendapa Ronggo Jumeno, Kabupaten Madiun.

Kepala SMK Model PGRI 1 Mejayan, Sampun Hadam menjelaskan, dengan dibimbing oleh PT Reka Global Jasa, Mokasi digunakan untuk memfasilitasi UMKM dengan beberapa paket varian. Seperti Mokasi Food, Mokasi Drink, Mokasi Mart dan paket Mokasi Jasa Engineering dan Electrical yang dijual secara franchise mulai Rp 25 juta sesuai paket usaha yang diinginkan.

"Adanya Mokasi ini diharapkan menjadi bagian dari pengembangan jobsheet praktik SMK di Jawa Timur baik dalam hal pembuatan komponen dan perawatan mekanik secara rutin yang dapat dilakukan di SMK Negeri/Swasta se-Jawa Timur," jelasnya.

Saat ini Mokasi buatan SMK Model PGRI 1 Mejayan sudah diroduksi 18 unit dan pemesanan mencapak 186 unit termasuk dari Kalimantan Utara, Sumatera, Bekasi dan bulan depan akan dilaunching dan diperkenalkan di Jakarta. "Untuk saat ini masih satu minggu satu unit. Setelah ini menjadi industri, target kami satu bulan 20 unit Mokasi," terangnya.

mobil listrik c

Ada beberapa kelebihan Mokasi ini yakni ramah lingkungan, hemat, sekali charge bisa sampai jarak tempuh 90 kilometer dengan didukung "Start Up Mokasi" sebagai wujud pasar online dari poduk Mobil Listrik UMKM dan proses produksi sudah menuju pelegalan untuk produksi masal dengan menerjunkan 30 siswa dan 5 guru yang saat ini magang di PT REKA.

"Masyarakat jika membutuhkan nanti bisa memanggil menggunakan aplikasi yang ada di smartphone dan kami akan datang ke rumah, minimal masyarakat tahu posisi kita berada di mana," jels Sampun.

Mokasi dapat dikolaborasikan dengan BUMDes. "Ini merupakan model entrepeneur yang praktis, karena dengan model ini antara generasi milenial SMK dengan UMKM maupun masyarakat dapat tersambung," kata Sampun.

Sementara itu Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengapresiasi dan mendukung SMK Model PGRI 1 Mejayan untuk selalu berinovasi. "Semoga terus berkembang dan dapat memajukan Kabupaten Madiun," ujarnya.

Dukungan dan apresiasi yang luar biasa untuk hasil cipta inovasi dan kreativitas siswa SMK Model PGRI 1 Mejayan, Kabupaten Madiun dibuktikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melalui doa dan harapan demi kemajuan pendidikan di SMK Model PGRI 1 Mejayan. Gubernur juga potong tumpeng sebagai pembukaan SMK Model PGRI 1 Mejayan dalam Pembangunan Gedung Industri Mobil Listrik UMKM Mokasi. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.