Olahraga

Zainuddin Amali: Kemenpora RI dan KONI Harus Selalu Berdampingan 

Selasa, 25 Agustus 2020 - 17:51
73.41k
Zainuddin Amali: Kemenpora RI dan KONI Harus Selalu Berdampingan  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali saat membuka Rakernas KONI tahun 2020 (FOTO: Humas Kemenpora RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengatakan, untuk mewujudkan olahraga Indonesia yang maju, Kemenpora RI dan KONI akan terus berjalan seiring dalam pembinaan olahraga prestasi nasional. 

Hal itu disampaikan Menpora RI, Zainudin Amali saat membuka Rakernas KONI tahun 2020 di Situation Room Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (25/8/2020). 

"Saat ini hubungan Kemenpora dengan KONI Pusat sangat baik. Saya harap KONI Daerah juga demikian memiliki komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah dengan lancar. Karena dengan komunikasi menjadi salah satu syarat untuk melakukan percepatan akselerasi dari pembinaan olahraga prestasi tanpa itu mustahil," kata Menpora Zainuddin Amali di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Kemenpora RI dan KONI Pusat ke depan akan melakukan kerjasama yang dituangkan dalam MoU bahwa KONI Pusat akan membantu Kemenpora RI untuk pelaksanaan pembinaan olahraga prestasi dan sekaligus pengawasan terhadap kegiatan olahraga prestasi yang dilakukan cabang olahraga dan induk olahraga. 

"Kami lakukan bantuan langsung kepada cabor. Ke depan KONI Pusat dan KONIDA akan ikut terlibat dalam melihat dan memverifikasi, mereview usulan-usulan dari cabor sekaligus KONI memiliki tanggungjawab untuk memantau dan mengawasi apa yang menjadi komitmen antara cabor dengan pemerintah," ujarnya.

"Kita akan jalankan hubungan kemitraan ini sehingga KONI akan kita kembalikan lagi kepada fungsinya sebagaimana tahun sebelumnya. Pemerintah berharap karena tidak mungkin semua urusan dan pekerjaan ini harus ditangani oleh pemerintah sendiri," urai Menpora RI. 

Sebelumnya, telah ada kesepakatan antara Kemenpora RI dan KONI Pusat bahwa akan berjalan seiring dan sejalan dan KONI menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah dalam pembinaan olahraga prestasi.

"Tahun 2021 akan sangat padat kegiatan olahraga baik nasional maupun internasional. PON dan Peparnas yang tadinya tahun 2020 dimundurkan di tahun 2021. Akan dimulai dengan Asian Indoor & Martial Art Games, Piala Dunia U-20/2021. Ini adalah kesempatan kita menyampaikan kepada dunia bahwa Indonesia aman. Semoga pandemi ini perlahan-lahan surut," harapnya.

Dia menambahkan, kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 harus dimanfaatkan Kemenpora RI dan KONI sebaik-baiknya karena kesempatan ini belum tentu terulang 10-20 tahun ke depan. "Saya harap peran dan partisipasi para pimpinan KONI-KONI di daerah untuk menggairahkan dan membuat semarak kegiatan ini walaupun kota yang ditunjuk FIFA hanya ada di 6 stadion," kata  Menpora RI, Zainudin Amali. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.