https://makassar.times.co.id/
Gaya Hidup

Tips Sehat untuk Ibu Hamil saat Berpuasa Ramadan

Selasa, 19 Maret 2024 - 06:13
Tips Sehat untuk Ibu Hamil saat Berpuasa Ramadan Ilustrasi. Menjaga kesehatan ibu hamil saat berpuasa. (Foto: Freepik)

TIMES MAKASSAR, JAKARTA – Bolehkah ibu hamil berpuasa Ramadan? Ibu hamil diperbolehkan melaksanakan ibadah puasa, selama kondisi ibu hamil dan janin tidak ada masalah.

Agar tetap sehat selama puasa, ibu hamil harus tetap menjaga asupan nutrisi dan gizi. Bukan untuk kesehatan sendiri, menjaga nutrisi dan gizi sangat penting untuk perkembangan janin yang dikandung.

Bagi yang masih ragu menjalankan puasa saat hamil, berikut ini tips sehat untuk ibu hamil saat menjalankan puasa Ramadan.

1. Pilih makanan yang sehat

Saat buka puasa atau sahur, memilih makanan sehat sangat penting untuk ibu hamil. Disarankan untuk memilih makanan sahur yang mengandung nutrisi yang seimbang dan tidak berlemak, seperti sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat kompleks. Karena dengan memilih makanan dengan kandungan yang seimbang, dapat membantu meningkatkan kekuatan ibu hamil dan menyusui selama menjalani puasa.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tips puasa untuk ibu hamil selanjutnya adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Setidaknya ibu hamil perlu minum 8-12 gelas atau setara dengan 2,2 – 3 liter per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan ibu dan janin. Sebaiknya segera batalkan puasa jika ibu hamil mengalami gejala dehidrasi.

3. Hindari aktivitas yang melelahkan

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperbanyak istirahat ketika berpuasa. ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas yang banyak membakar kalori seperti berolahraga yang terlalu berat dan melakukan aktivitas yang terlalu menguras tenaga. Hal tersebut bermanfaat dalam menghindari ibu hamil dari kemungkinan mengalami dehidrasi karena kalori yang dimiliki tubuh terlalu banyak terbakar.

4. Hindari berbuka dengan minuman dingin

Tips puasa untuk ibu hamil yang lain adalah hindari berbuka dengan minuman dingin, karena dikhawatirkan akan meningkatkan asam lambung. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi air putih atau minuman manis hangat.

5. Hindari stres saat puasa

Tetap tenang dan hindari stres selama berpuasa. Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa memiliki hormon stres yang lebih tinggi, dan ini dapat berefek buruk terhadap kesehatannya dan janinnya.

Ibu hamil berpuasa harus tetap waspada terhadap gejala dari kondisi yang mungkin membahayakan janin, seperti pusing, demam, muntah, lemas, lelah, bibir kering, atau merasa sangat haus. (*)

Pewarta : Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.