Gaya Hidup

Resto Ndalem Ratu, Tempat Makan Enak dan Bersantai dengan Nuansa Jawa Kuno

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 12:16
70.33k
Resto Ndalem Ratu, Tempat Makan Enak dan Bersantai dengan Nuansa Jawa Kuno Abdi Ndalem Ratu melayani pengunjung, Selasa (18/08/2020). (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rumah makan bernuansa erat dengan budaya dan sejarah dapat kalian temui di Ndalem Ratu. Resto Ndalem Ratu yang menyajikan menu makanan Jawa ini berlokasi di wilayah yang pernah menjadi pusat kerajaan Singosari, tepat di Jalan Kartanegara Barat, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Resto Ndalem Ratu ini berkonsep warisan budaya dengan tiga kerajaan yang ada di Jawa Timur yaitu Kerajaan Singasari, Majapahit dan Kediri. Konsep tiga kerajaan itu diwujudkan dengan menu makanan khas kerajaan tersebut. 

Resto-Ndalem-Ratu-2.jpg

Kerajaan Kediri dengan ciri khasnya nasi pecel. Kerajaan Singasari dengan ciri khasnya nasi kuning. Dan kerajaan Majapahit dengan ciri khasnya nasi urap. Menu makanan Jawa lain juga banyak tersedia, seperti lontong sayur, sayur asem, tempe mendoan dan lain lain.

Para karyawan yang melayani tamu Ndalem Ratu pun berseragam adat jawa dengan bawahan jarik dan atasan kebaya sehingga kental nuansa jawa. Bahkan karyawan di Ndalem Ratu disebut dengan abdi dalem.

“Kostum sehari-harinya kami memang begini. Karena memang supaya hati menyatu dengan konsep yang kami usung," ujar Dewi salah satu pengurus di Ndalem Ratu kepada TIMES Indonesia, 18 Agustus lalu.

Desain interior Ndalem Ratu juga menampilkan nuansa jawa kuno. Material bangunan yang digunakan juga menggunakan material lama sehingga memunculkan kesan kuno, alami dan asri. 

Terdapat joglo di depan bangunan untuk menerima tamu. Lalu ada pringitan di bagian tengah sebagai ruang private. Dan di belakang bangunan terdapat sentong tempat dapur dan kantor. 

Resto-Ndalem-Ratu-3.jpgLontong sayur, teh, jamu dan krupuk di Ndalem Ratu, Selasa (18/08/2020). (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

Di joglo ini merupakan tempat tamu untuk memesan makanan dan minuman. Untuk pringitan ini tempat galeri batik dan kerajinan tangan. Jadi di Ndalem ratu tidak hanya menawarkan makanan dan minuman warisan budaya tetapi juga baju dan aksesorisnya yang berkonsep warisan budaya.  Lalu di sentong juga terdapat kamar mandi untuk tamu Ndalem Ratu. 

Ndalem Ratu juga mengfasilitasi paket tur wisata sejarah di tiga kerajaan, kerajaan Singasari, kerajaan Majapahit dan kerajaan Kediri. Tour wisata ini dapat tamu ikuti dengan melakukan reservasi terlebih dahulu. 

“Ada wisata perjalanan sejarah. Jadi wisata perjalanan sejarah dengan mendatangi tiga tempat kerajaan yang sebenernya itu saling berhubungan. Kerajaan Singasari, Majapahit dan Kediri," ujar Dewi.

Soehermin selaku pemilik Ndalem Ratu membuat konsep bertemakan warisan budaya ini karena rasa kecintaannya kepada budaya dan sejarah begitu besar apalagi mengenai kerajaan. 

Resto-Ndalem-Ratu-4.jpgJoglo bagian depan Ndalem Ratu, Selasa (18/08/2020). (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

Konsep heritage ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya Indonesia di era globalisasi saat ini. Agar para milenial juga tahu bahwa di Indonesia mempunyai sesuatu yang hebat dan luar biasa. 

“Berdasarkan kecintaanya beliau aja sama sejarah dan budaya. Makanya di bikinnya kayak gini bener-bener dari hatinya beliau. Melestarikan pengen ngasih tau sama generasi sekarang bahwa kita itu sebenernya punya lho sesuatu yang hebat yang luar biasa,” ujar Dewi.

Lokasinya yang asyik, makanan khas Jawa yang enak plus desain resto yang unik membuat Ndalem Ratu ini kerap dibuat hunting foto dan video pre-wedding, portofolio dan pemotretan. Tamu-tamu Ndalem Ratu pun juga sudah merebak ke penjuru Indonesia. Ada yang dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Riau dan masih banyak lagi. 

Di hari liburan atau tanggal merah tamu Resto Ndalem Ratu sangat ramai. Jadi untuk yang ingin melakukan hunting foto disarankan untuk tidak mengambil waktu weekend. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.