Gaya Hidup

Mengenal Miracle Fruit, Si Buah Ajaib Kaya Manfaat

Selasa, 25 Agustus 2020 - 20:02
89.82k
Mengenal Miracle Fruit, Si Buah Ajaib Kaya Manfaat Nurzaman Saat Menunjukan Buah Ajaib di Toko Tanaman Hiasnya (Foto : Devteo MP / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Buah-buahan umumnya selalu ada di tengah jenis makanan yang tersaji diatas meja makan karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, tak banyak orang tahu tentang buah bernama Miracle Fruit atau buah ajaib.

Berwarna merah, buah tersebut mampu mengubah rasa asam, asin dan pahit menjadi manis. Sehingga sejumlah kalangan masyarakat pecinta tanaman menyebutkan jika buah ini mampu mengurangi kadar gula dalam tubuh.

Miracle-Fruit-2.jpg

Dari informasi yang dihimpun, buah ajaib yang memiliki nama latin synsepalum dulcificum itu merupakan tumbuhan dikenal akan buah buninya.  Jika dimakan akan membuat makanan asam seperti lemon dan jeruk limau menjadi terasa manis.

Seperti yang diungkapkan oleh Pemilik Kios Taman Bungan Pas Pecinta Alam Sejati, Nurzaman. Dia mengaku sudah lima tahun menggeluti tanaman buah ajaib ini yang berada di menuturkan jika dirinya mengetahui jenis tanaman ini dari temannya sejak 5 tahun lalu.

"Saya dulu tau jenis buah ini dari temen yang selalu mengoleksi tanaman unik termasuk pecinta buah-buah unik," ungkap Nurzaman kios miliknya jalan Ir. Soekarno Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (24/8/2020).

Nuruzaman mengaku sudah empat tahun melakukan penyemaian ribuan pohon buah ajaib. Dalam sebulan dia mampu menjual 50 benih pohon usia tanaman 3 tahun dengan harga Rp 100 ribu per bibit.

"Setelah sebagian orang tau buah ini, Alhamdulillah bibit pohon yang saya semai selalu laku. Kalo dihitung rata-rata tiap bulannya saya bisa jual sebanyak 50 bibit," ujarnya.

Disebutkan, tanaman buah ajaib ini siap berbuah kurang lebih memasuki usia lima tahun. Buah Ajaib, kata dis, tidak mengenal musim panen. "Kalo sudah masuk usia berbuah nantinya muncul buah jumlahnya hingga ratusan buah," tuturnya.

Dirinya mengklaim jika kios bunga lainnya yang berada di wilayah Cirebon jarang menyediakan pohon buah ajaib ini. "Pelanggan saya yang sering cari bibit buah ajaib ini dari Tasik, Lampung dan Yogyakarta," ungkap dia.

Miracle-Fruit-3.jpg

Ia juga menjelaskan, rasa buah ajaib ini ketika awal di gigit terasa asam dan setelah itu dominan rasa manis. Untuk dapat mengubah rasa di lidah menjadi manis saat mencicipi makanan apapun yang memiliki rasa asam, asin dan pahit diperlukan beberapa menit mengemut buah ini di lidah.

"Kalo mau mengubah rasa asam, asin dan pahit kita harus mengenyam beberapa menit buah ajaib, setelah mengkonsumsi buah ini bisa merubah rasa manis makanan apapu kurang lebih 1-2 jam," paparnya.

Berikut Khasiat Buah Ajaib:

1. Membantu menurunkan berat badan

Buah ajaib dengan ukuran kecil ini hanya mengandung satu kalori dan 0% lemak. Komposisi ini sangat dianjurkan bagi yang sedang menjalani program diet, terutama diet kalori. Jumlah kalori yang terkandung dalam buah ajaib ini juga relatif lebih sedikit dibandingkan jenis buah lain yang ada di pasaran

2. Baik untuk penderita diabetes

Miracle fruit memiliki rasa manis alami dengan sedikit rasa pahit. Penderita diabetes bisa mengkonsumsi buah ini, karena gula yang dikandungnya tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah setinggi gula lainnya. Penderita diabetes masih bisa merasakan manisnya makanan, tanpa perlu terlalu khawatir tentang penyakitnya.

3. Menyumbangkan nutrisi bagi tubuh

Miracle fruit dapat digunakan sebagai campuran makanan atau minuman. Contoh penggunaannya adalah untuk campuran dalam salad atau bahkan dikombinasikan dengan teh lemon. Cara ini bisa membantu menyuplai berbagai nutrisi ke dalam tubuh.

4. Alternatif pengobatan kanker

Seseorang yang menderita kanker dan telah menjalani proses radiasi akan merasakan efek samping berupa lidah yang sulit merasakan kenikmatan makanan. Jika mengenal seseorang dalam kondisi ini, maka sajikan buah ajaib yang dapat mengurangi efek samping ini sehingga bisa membantu pulih lebih cepat.

5. Campuran obat pahit

Banyak orang yang kesulitan minum pil atau obat tablet karena rasanya sangat pahit. Coba gunakan miracle fruit untuk membantu menetralkan rasa obat. Dengan begitu, anak yang sulit minum obat akan lebih mudah untuk menelannya.

Buah ajaib atau Miracle Fruit tidak akan memengaruhi komposisi obat. Bahkan dengan kandungan alaminya, buah ini akan membantu kerja obat dalam tubuh. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.