Ekonomi

Slamet Soetanto Jadi Ketum Dekopinwil Jatim, Diharapkan Wujudkan Digitalisasi Koperasi

Minggu, 23 Agustus 2020 - 17:05
62.89k
Slamet Soetanto Jadi Ketum Dekopinwil Jatim, Diharapkan Wujudkan Digitalisasi Koperasi Dr Sri Untari Bisowarno, M.AP (tengah), membuka Muswil Dekopinwil Jatim di aula Koperasi Wanita (Kopwan) Setia Budi Wanita (SBW), jalan Raden Intan, Kota Malang, Sabtu (22/8/2020). (Foto: SBW for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Jawa Timur, di aula Koperasi Wanita (Kopwan) Setia Budi Wanita (SBW), jalan Raden Intan, Kota Malang, Sabtu (22/8/2020).

Muswil Dekopinwil ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Dekopin 2019-2024, Dr Sri Untari Bisowarno. 

Dekopinwil-Jatim-2.jpg

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Pusat periode 2019-2024, Dr Sri Untari Bisowarno, MAP, membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Koperasi Indonesia Wilayah atau Dekopinwil Jatim di aula Koperasi Wanita (Kopwan) Setia Budi Wanita (SBW), jalan Raden Intan, Kota Malang, Sabtu (22/8/2020).

“Setelah pendapat hukum Dirjen Kemenkumham hasil Munas di Makasar, yang menyebutkan saya sebagai Ketua Dekopin yang sah. Maka kami melaksanakan konsolidasi organisasi Muswil ini. Selain Jakarta dan Jawa Timur, nantinya muswil akan diselenggarakan merata di 34 provinsi,” jelas Ketua Dekopin Dr Sri Untari Bisowarno, MAP, usai membuka Muswil Dekopinwil Jatim, dilansir dari seru.co.id.

Muswil Dekopinwil Jatim ini mengusung tema: Melalui Musyawarah Wilayah Provinsi Jawa Timur, Kita Tegakkan Keppres 6 Tahun 2011 Untuk Mewujudkan Dekopin Legimited. Dimana Keppres No.6 Tahun 2011 terkait Pengesahan Anggaran Dasar Dewan Koperasi Indonesia dan Undang-Undang No.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Dekopinwil-Jatim-3.jpg

Untari mengatakan, ditargetkan muswil 34 provinsi bisa terselenggara dan dipamungkasi dengan Rakernas. Dari tiap muswil tersebut, disematkan program prioritas untuk membangkitkan digitalisasi koperasi, hingga terciptanya integrasi koperasi di Indonesia.

“Mau tidak mau, kita harus mengikuti perkembangan jaman, utamanya di era digitalisasi. Karena begitulah tuntutannya jika kita ingin berkembang. Ada banyak kawula muda yang akan kita gandeng untuk memfasilitasi hal itu,” lanjut Untari.

Untuk itu, anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur ini, mengajak para peserta Muswil untuk berkomitmen memajukan koperasi di Indonesia. Selain kontribusi dukungan atas penunjukan dirinya yang diajukan menjadi Ketua Dekopin Pusat saat Munas lalu.

Dekopinwil-Jatim-4.jpg

“Saya tak ingin sendiri memajukan koperasi di Indonesia. Saya minta komitmen panjenengan semua. Sebab tanpa panjenengan semua, saya bukan siapa-siapa,” tegasnya.

Muswil Dekopinwil Jatim mengusung 3 bakal calon (bacalon) Ketua Pengurus Dekopinwil Jatim. Di antaranya Tri Harsono (Ketua Dekopinwil Jatim periode lama), Sriadi (Dekopinda Kabupaten Bojonegoro), dan Slamet Sutanto (Dekopinda Kota Blitar). Dimana ada 69 suara dari 38 Dekopinda dan 31 koperasi di Jatim.

Hasil dari Muswil Dekopinwil Jatim menunjuk Drs Slamet Soetanto, MM, sebagai Ketua Umum Dekopinwil Jatim periode masa bakti 2020-2025. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.