Ekonomi

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Kamis, 20 Agustus 2020 - 20:46
97.75k
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros Ilustrasi mengatur keuangan (Foto: belajarkeuangan)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ketika sudah berumah tangga tentu akan lebih banyak kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, terkadang tidak semuanya paham bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan agar tidak boros, berikut caranya:

1. Buat Daftar Pos Pengeluaran

Mulailah dengan membagi berbagai jenis pos pengeluaran yang kira-kira akan Anda dan keluarga keluarkan. Beberapa pos yang biasanya cukup penting adalah:

a. Kebutuhan rumah: tagihan listrik dan air, PBB tahunan, dana darurat untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak

b. Kebutuhan rumah tangga: konsumsi,

c. Tabungan dan dana darurat

d. Asuransi

e. Transportasi: biaya BBM atau biaya transportasi umum

f. Hiburan (jika memungkinkan)

2. Buat kalender tagihan

Untuk membuat keuangan rumah tangga lebih teratur, ada baiknya untuk membuat kalender tagihan setiap bulan. Tandai setiap tanggal berapa saja harus membayar tagihan air atau listrik (maupun jadwal membeli pulsa pre-paid token PLN), membayar uang sekolah anak, tanggal tagihan kartu kredit (jika ada), maupun tagihan lainnya. Biasakan untuk teratur melakukannya pada awal bulan, setidaknya pada tanggal 10 setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih teratur dan terhindar dari biaya denda.

3. Membuat Gol dalam Menabung

Kunci sukses mengatur keluarga juga terletak pada kemampuan dalam menabung. Resep utama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyisihkan, bukan menyisakan uang setiap bulan. Banyak yang mengelola dengan kurang tepat karena sisa uang di akhir bulan sudah terlanjur habis dan tidak lagi dapat menabung. Padahal jika saja setiap awal bulan Anda dan keluarga teratur menyisihkan setidaknya 10 - 30% pendapatan bulanan ke rekening tabungan, hal ini bisa memberikan dampak yang besar untuk Anda. Hasil dari tabungan tentunya bisa dialokasikan untuk hal seperti membeli aset dengan down payment (DP) lebih besar sehingga cicilan lebih ringan, untuk berlibur, maupun untuk pengeluaran lain yang memang dibutuhkan.

Semoga tiga cara mengatur keuangan rumah tangga itu bisa membuat pengeluaran anda terkontrol dan tidak terlalu boros. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.