Berita

Kemenparekraf RI Tingkatkan Peran Media dalam Penyampaian Informasi pada Publik

Sabtu, 21 November 2020 - 18:28
Kemenparekraf RI Tingkatkan Peran Media dalam Penyampaian Informasi pada Publik Diskusi bertajuk 'Jurnalisme Pariwisata di Era New Normal' yang digelar Kemenparekraf RI di Hotel Millenium, Jakarta, Jumat (20/11/2020). (Foto: Kemenparekraf RI for TIMES Indonesia)

TIMES MAKASSAR, JAKARTA – Ruang gerak masyarakat yang terbatas akibat pandemi COVID-19 memberikan tantangan besar bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf RI) / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam memberikan pelayanan dan penyampaian informasi terhadap publik. Untuk itu diperlukan penyesuaian pola ataupun medium komunikasi agar informasi dan layanan publik tetap berjalan dengan baik. 

Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Agustini Rahayu dalam diskusi bertajuk 'Jurnalisme Pariwisata di Era New Normal'  di Hotel Millenium, Jakarta, Jumat (20/11/2020), mengatakan, Biro Komunikasi sebagai satuan kerja di Kemenparekraf/Baparekraf selalu berupaya memberikan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Termasuk dalam situasi pandemi COVID-19 yang membuat pergerakan masyarakat jadi terbatas. 

"Karenanya kami menyikapi dengan melakukan penyesuaian pola komunikasi terhadap masyarakat dan tidak terkecuali media sebagai salah satu mitra penting Biro Komunikasi dalam menyampaikan kebijakan dan program kementerian dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Agustini Rahayu.

Kemenparekraf RI 1

Ayu, sapaan akrab Agustini Rahayu mengatakan, di saat awal terjadinya krisis akibat pandemi COVID-19, pihaknya dengan segera memaksimalkan fungsi crisis center untuk memberikan informasi bagi seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Termasuk membentuk satuan tugas (task force) sebagai jembatan komunikasi bagi media untuk mendapatkan informasi tentang program ataupun kebijakan yang dijalankan Kemenparekraf/Baparekraf. Juga memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) dengan menghadirkan chatbot yang dapat memberikan layanan informasi dan pengaduan publik selama 24 jam dan terintegrasi dengan sistem lain yang ada di biro komunikasi. 

"Sehingga memudahkan masyarakat untuk permohonan informasi dan memudahkan biro komunikasi untuk menyampaikan informasi ke masyarakat," kata Ayu.

Kemenparekraf RI 2

Ayu menegaskan pentingnya peran media dalam membantu menyebarluaskan informasi dan pemahaman tentang tantangan yang harus dihadapi bersama seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Karenanya ia membuka jalinan kerja sama dengan media untuk bersama meningkatkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.  "Kita perlu meyakinkan konsumen, gaining confidence. Mengembalikan kepercayaan pasar atau masyarakat luas, kepercayaan wisatawan, itu paling penting untuk terjadi sekarang ini," kata Ayu.

Kemenparekraf RI 3

Hal senada dikatakan Staf Khusus Komunikasi sekaligus Juru Bicara Kemenparekraf/Baparekraf, Prabu Revolusi. Ia mengatakan, saat ini terdapat dua tantangan yang dihadapi media. Yakni era media baru dan new normal. 

Desakan teknologi digital memberikan dorongan perubahan pada konsep ruang berita yang lebih tech savvy dan inklusif. Sementara new normal akibat pandemi COVID-19 memaksa terjadinya disrupsi jurnalistik lebih cepat.  "Ruang kolaborasi yang lebih kuat inilah yang nantinya akan kita terus bangun dengan media sehingga perspektif publik terhadap policy (kebijakan) pemerintah jadi semakin terbuka," kata Prabu Revolusi.

Kemenparekraf RI 4

Sementara, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan media, khususnya Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) sebagai salah satu unsur dalam pentahelix untuk berkolaborasi dengan pemerintah.

"Kemenparekraf/Baparekraf sudah mengeluarkan panduan kesehatan berbasis CHSE. Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dukungan media selama ini dan tentunya berharap dukungan ini dapat terus berlanjut ke depan. Tentunya tanpa mengurangi peran media menjalankan fungsinya sebagai alat kontrol sosial," kata Ni Wayan Giri Adnyani.

Kemenparekraf RI 5

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Kemenparekraf RI / Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani, Staf Khusus Komunikasi sekaligus Juru Bicara Kemenparekraf/Baparekraf Prabu Revolusi, dan Ketua Forwaparekraf Johan Sompotan.  (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.