https://makassar.times.co.id/
Berita

KPU: Delegasi Papua dan Papua Pegunungan Menuju Jakarta Malam Ini

Selasa, 19 Maret 2024 - 17:51
KPU: Delegasi Papua dan Papua Pegunungan Menuju Jakarta Malam Ini Anggota KPU RI Idham Kholik saat di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat. (FOTO: Dok. KPU RI)

TIMES MAKASSAR, JAKARTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik, menyampaikan bahwa KPU Provinsi Papua dan Papua Pegunungan akan melakukan perjalanan ke Jakarta malam ini menggunakan pesawat yang disewa.

"Nanti malam pukul 22:00 WIT, KPU Papua dan KPU Papua Pegunungan akan bersama berangkat ke Jakarta dengan mencarter pesawat," katanya kepada wartawan, Selasa (19/3/2024). 

KPU Provinsi Papua dan Papua Pegunungan tidak dapat melaksanakan rekapitulasi nasional pada hari ini karena masih terlibat dalam proses rekapitulasi hasil suara Pemilu 2024 di tingkat provinsi.

Selain itu, KPU berusaha untuk memastikan bahwa dua provinsi di ujung timur Indonesia tersebut dapat menyelesaikan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat nasional pada hari ini.

"Saat ini, KPU Papua sedang menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara di mana sedang merekapitulasi perolehan suara peserta pemilu dari KPU Kota Jayapura," imbuhnya.

Situasi serupa, juga terjadi di KPU Kabupaten Tolikara yang masih melakukan proses rekapitulasi suara. Informasi menyebutkan bahwa proses rekapitulasi KPU Pegunungan sempat dipindahkan ke Kota Jayapura pada malam Senin (18/3/2024) kemarin, sebagai langkah untuk memastikan keamanan.

"Iya benar, faktor teknis di level daerah," ucapnya.

Namun, Idham menegaskan bahwa dua provinsi di ujung timur Indonesia tersebut akan tetap mengikuti proses rekapitulasi nasional hingga hari terakhir, yaitu Rabu (20/3/2024) besok.

"Nanti diinformasikan lagi," jelasnya.

Berdasarkan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai Rabu (28/2) hingga Senin (18/3), pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil meraih 427.871 suara di 128 wilayah PPLN.

Pasangan ini berhasil mengungguli pesaingnya dengan perolehan suara yang signifikan. Di urutan kedua, terdapat pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara sebanyak 125.110, diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mendapatkan 118.385 suara.

Selain hasil tersebut, KPU juga telah mengesahkan perolehan suara Pilpres di 36 provinsi di tingkat nasional. Provinsi-provinsi tersebut antara lain Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Tengah, dan Banten.

Pemilu 2024 yang meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD, serta anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota, menarik partisipasi sebanyak 204.807.222 pemilih di tingkat nasional.

Partai politik turut ambil bagian dalam pemilu ini, dengan 18 partai politik nasional seperti Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, dan PDI Perjuangan. Di samping itu, terdapat juga enam partai politik setempat yang ikut serta dalam proses pemilihan.

Rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024, sesuai Peraturan KPU Nomor 3/2022, dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.