https://makassar.times.co.id/
Berita

Keutamaan Malam ke-9 Shalat Tarawih, Pahalanya Seperti Ibadah Para Nabi

Selasa, 19 Maret 2024 - 17:32
Keutamaan Malam ke-9 Shalat Tarawih, Pahalanya Seperti Ibadah Para Nabi Ilustrasi Tarawih malam ke-9 Ramadan. (FOTO: Bing AI)

TIMES MAKASSAR, JAKARTABulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan, di mana umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Salah satu ibadah yang istimewa di bulan ini adalah shalat tarawih.

Meskipun tidak wajib, shalat tarawih menyimpan banyak keutamaan bagi yang melaksanakannya. Dalam Kitab Durratun Nasihin karya al-Khubawi, dijelaskan berbagai fadhilah shalat tarawih di setiap malamnya.

Pada malam ke-9, keutamaan shalat tarawih begitu istimewa. Orang yang melaksanakannya di malam ini, seakan-akan beribadah kepada Allah seperti ibadahnya para nabi.

Seperti dijelaskan dalam Kitab Durratun Nasihin karya al-Khubawi yang wafat pada 1824 M.

وَفِى اللَّيْلَةِ التَّاسِعَةِ فَكَأَنَّمَا عَبَدَ اللهَ تَعَالَى عِبَادَةَ النَّبِىِّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ

Artinya: "Pada malam kesembilan, seakan-akan beribadah kepada Allah sebagaimana ibadahnya para Nabi."

Keutamaan ini tentu menjadi motivasi bagi umat Islam untuk tidak melewatkan shalat tarawih di malam ke-9. Mengingat pahala yang dijanjikan begitu besar, yaitu seperti pahala ibadah para nabi yang selalu beribadah dengan penuh kekhusyu'an dan ketaatan.

Menapaki Jejak Para Nabi

Para nabi dikenal sebagai sosok yang selalu dekat dengan Allah SWT. Mereka senantiasa beribadah dengan penuh keikhlasan dan ketaatan. Ibadah mereka menjadi contoh bagi umat Islam untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Dengan melaksanakan shalat tarawih di malam ke-9, diharapkan kita dapat menapaki jejak para nabi dalam ketaatan dan kekhusyu'an dalam beribadah.

Meningkatkan Semangat Ibadah

Keutamaan di malam ke-9 ini juga dapat menjadi pendorong untuk meningkatkan semangat ibadah di malam-malam selanjutnya. Ramadan adalah bulan penuh kesempatan untuk meraih pahala dan ampunan.

Dengan melaksanakan shalat tarawih dengan penuh kekhusyu'an, diharapkan kita dapat meraih pahala yang berlimpah dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Shalat tarawih di malam ke-9 memiliki keutamaan yang istimewa, yaitu pahala seperti ibadah para nabi. Keutamaan ini menjadi motivasi bagi umat Islam untuk tidak melewatkan shalat tarawih di malam ini. Marilah kita manfaatkan bulan Ramadan ini untuk meningkatkan ketaatan dan kekhusyu'an dalam beribadah, dan meraih pahala yang berlimpah dari Allah SWT. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.