Berita

Kogabwilhan III: KKSB Tembaki Tim TGPF di Kabupaten Intan Jaya Papua

Jumat, 09 Oktober 2020 - 23:59
Kogabwilhan III: KKSB Tembaki Tim TGPF di Kabupaten Intan Jaya Papua Ilustrasi: Anggpta Tim TGPF korban penembakan KKSB (FOTO: Puspen Kogabwilhan III for TIMES Indonesia)

TIMES MAKASSAR, BIAK – Gerombolan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata KKSB)  menembaki rombongan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang hendak melakukan investigasi terkait meninggalnya Pendeta Yeremia.

Hal tersebut disampaikan Kapen Kogabwilhan III, Kol Czi IGN Suriastawa, di Papua, Jumat (9/10/2020).

Kogabwilhan III mengungkap, penembakan rombongan TGPF terjadi di tanjakan Wabogopone, Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya, setelah iring-iringan mobil rombongan TGPF Intan Jaya tersebut melakukan olah TKP di Hitadifa.

“Penembakan terjadi pada tanggal 9 Oktober 2020 pukul 15.45 WIT saat rombongan TGPF dalam perjalanan pulang dan sampai di tanjakan Wagonopone, Kampung Mamba tiba-tiba ditembaki dari arah kanan dan kiri jalan,” ungkapnya.

Menurut Kolonel Suriastawa, akibat penembakan tersebut anggota TGPF Intan Jaya Bambang Purwoko (Dosen UGM) terkena tembakan di kaki kiri. Sedangkan, anggota TNI bernama Zainuddin juga dilaporkan terkena tembakan di pinggang.

“Saat ini kedua korban langsung dievakuasi ke UPTD RSUD Sugapa untuk mendapatkan perawatan secara intensif,” katanya.

Rombongan TGPF Intan Jaya yang dipimpin Ketua Tim Benny Mamoto bersama Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, Ketua DPRD Intan Jaya, Panus Wonda dan Danrem 173/PBB Brigjen TNI Iwan Setiawan, sempat melakukan olah TKP di Hitadifa.

"Kejadian penembakan ini membuktikan kepada masyarakat bahwa selama ini KKSB selalu bertindak brutal dan dengan sengaja menghalangi kinerja TGPF yang dibentuk oleh pemerintah dengan melibatkan tokoh-tokoh kredibel untuk mengungkap kebenaran yang terjadi pasca kematian pendeta Yeremia beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Kolonel Suriastawa menegaskan saat ini TNI sedang melakukan pengejaran terhadap gerombolan KKSB yang kabur ke dalam hutan di sekitar lokasi kejadian usai penembakan tim TGPF.

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.