https://makassar.times.co.id/
Berita

Bendungan Margatiga di Lampung, Bendungan ke-44 yang Diresmikan Presiden RI Jokowi

Selasa, 27 Agustus 2024 - 15:16
Bendungan Margatiga di Lampung, Bendungan ke-44 yang Diresmikan Presiden RI Jokowi Presiden RI Jokowi didampingi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meresmikan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin (26/08/2024).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PU

TIMES MAKASSAR, LAMPUNGPresiden RI Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin (26/08/2024). 

Dalam peresmian ini, Presiden RI Jokowi juga didampingi oleh PJ Gubernur Lampung Samsudin, Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo, Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho, dan Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi. 

Presiden RI Jokowi mengatakan, Bendungan Margatiga merupakan bendungan ke-44 yang telah diresmikannya dalam periode 10 tahun pemerintahan Kabinet Indonesia Maju. 

“Kita harapkan Bendungan (Margatiga) yang merupakan bendungan ke-44 yang saya resmikan dalam 10 tahun terakhir ini dapat betul-betul bisa berfungsi dengan baik untuk irigasi, air baku, listrik dan reduksi banjir di hilir bendungan. Dan kita harapkan produktivitas petani yang terkait dengan bendungan ini bisa naik dengan signifikan,” kata Presiden RI Jokowi.

Menurut Presiden RI Jokowi, air sangat penting bagi kehidupan dan memiliki banyak manfaat. Oleh sebab itu, manajemen pengelolaan sumber daya air di seluruh provinsi di Indonesia akan menjadi fokus pemerintah.

PUPR-Jokowi-4.jpg

“(Manfaat) yang pertama sebagai air baku untuk kehidupan kita, kedua irigasi bagi sawah-sawah yang kita miliki, dan ketiga untuk mereduksi banjir kalau memang di daerah itu masih ada banjir,” tambah Presiden RI Jokowi.

Bendungan Margatiga dibangun mulai tahun 2017 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp846 miliar. Luas genangannya 2.217,84 hektare dan memiliki daya tampung sebesar 42,31 juta m3. “Sudah 7 tahun yang lalu bendungan ini dikerjakan dan Alhamdulillah pada hari ini Bendungan Margatiga sudah selesai dan bisa difungsikan,” kata Presiden RI Jokowi.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI Bob Arthur Lombogia menerangkan, Bendungan Margatiga diproyeksikan akan meningkatkan jumlah tampungan air dan mendukung lumbung pangan nasional di Provinsi Lampung.

"Nantinya, Bendungan Margatiga dapat dimanfaatkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pertanian, khususnya irigasi seluas 16.588 hektare yang berada di Provinsi Lampung, tepatnya di Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Selatan. Untuk yang sudah fungsional seluas 5.638 hektare dan potensi irigasi yang dapat dialiri seluas 10.950 hektare,” jelas Dirjen Bob. 

Di samping itu, Bendungan Margatiga juga bermanfaat sebagai sumber air baku berkapasitas 800 liter per detik di Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Selatan. Serta sebagai pengendali banjir seluas 4.227 hektare di 8 kecamatan di Kabupaten Lampung Timur.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI Bob Arthur Lombogia, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Bendungan dan Danau Adenan Rasyid, dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Roy Panagom Pardede.(*)

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Makassar just now

Welcome to TIMES Makassar

TIMES Makassar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.